Tanpa Nge-lag, Inilah Tips Bermain Game Online Di Laptop

Game Online

Pernahkah ketika Anda bermain game online kemudian tiba-tiba PC menjadi freeze? Tentu hal ini sangat mengganggu dan bisa membuat badmood, apalagi ketika game sedang seru-serunya. Kejadian freeze atau nge-lag ini bisa diatasi dengan beberapa langkah. Bisa jadi masalah nge-lag disebabkan oleh gangguan di PC atau bisa juga karena gangguan pada internet.

Jika begitu apa saja yang perlu Anda lakukan? Ikuti tips berikut ini supaya Anda bisa bermain game secara lancar tanpa ada gangguan. Jangan panik karena masalah nge-lag ini cukup kerap dialami oleh para gamers. Langkah-langkah ini bisa Anda praktikkan pada PC atau laptop supaya game bisa lancar dan Anda bisa meminimalisir kekalahan hanya karena PC yang freeze. 

Manfaatkan Pengaturan Daya

Langkah ini merupakan langkah yang termudah sebagai awal. Pilihlah opsi kinerja terbaik atau best performance pada laptop Anda supaya daya bisa digunakan dengan optimal. Kliklah pada ikon baterai di bawah layar laptop, kemudian seretlah pin ke bagian kanan untuk mengaktifkan opsi best performance. Anda bisa juga menerapkannya pada PC game

Atasi Problem pada Internet

Alasan yang memungkinkan ketika game membeku adalah keterlambatan sinyal internet. Kecepatan yang diperlukan untuk bermain game setidaknya 10 Mbit per detik. Keterlambatan inilah yang dapat menyebabkan hambatan ketika Anda bermain game. Untuk mengatasinya, cobalah mengatur router WiFi dan menempatkannya di dekat PC game. Bisa juga memakai internet kabel dari komputer ke router supaya lebih stabil. 

Atur Antivirus Dengan tepat

Banyak orang berpikir bahwa antivirus bisa menghambat kinerja laptop atau PC sehingga banyak yang uninstall antivirus. Kenyataannya tidak demikian. Kecuali bila Anda memakai Windows 10, Anda bisa tidak memakai antivirus. Namun beberapa game memiliki keamanan yang berbeda dan Windows Defender tidak cukup. Cari antivirus yang sesuai dengan tipe game yang dimainkan. 

Stop Aplikasi Lain Yang Tidak Digunakan

Ketika game online berlangsung, sumber daya yang dipakai cukup besar. PC atau laptop akan bekerja lebih keras bila Anda membuka browser atau pun aplikasi lainnya secara bersamaan. Untuk itu ketika bermain online, tutup semua aplikasi lain yang tidak diperlukan. Manfaatkan Windows task manager untuk melihat aplikasi yang sering menghabiskan daya. 

Rawat Laptop Atau Komputer

Laptop dan PC tentu mengalami penurunan performa seiring bertambahnya usia mereka. Hal tersebut dapat terjadi karena jumlah sampah yang menumpuk baik dalam bentuk file maupun dari aplikasi. Bersihkan file secara berkala dan rajinlah untuk mengarsipkan file-file yang menurut Anda masih penting digunakan. Hapus sampah file secara berkala. 

Lakukan Pengaturan Pada Video

Bisa jadi game memerlukan kapasitas yang besar. Bila kapasitas PC atau laptop Anda tidak mencukupi, bermain game akan macet. Anda bisa mengatasinya dengan pengaturan level video pada game tersebut. Masuklah pada pilihan pengaturan dan pilihlah resolusi yang lebih rendah. Anda juga bisa mengurangi eye candy dan mengaktifkan FPS. Permainan online bisa memakai FPS 60.

Perbaharui Windows 10 Secara Berkala 

Windows 10 perlu diperbaharui cukup sering. Ada kalanya perbaharuan muncul tiba-tiba bahkan saat Anda sedang dalam kondisi gawat di permainan online. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pengaturan change active hours pada Windows. Kemudian lakukan penjadwalan pembaharuan di saat Anda tidak bermain online. 

Karena laptop dan PC adalah hal yang penting bagi Anda sebagai gamer, maka rawatlah dengan baik dan secara berkala. Merawat laptop dan PC bisa membuat performa maksimal selain itu juga supaya laptop atau PC tidak cepat rusak. Dengan tips di atas, Anda bisa lancar bermain game online bahkan memenangkannya tanpa gangguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *